Gugatan Partai Parsindo dan Idaman serta Partai Rakyat ditolak

Jakarta, SSOL- Bawaslu menolak permohonan Partai Parsindo, Idaman dan Partai Rakyat yang meminta Komisi Pemilihan Umum meloloskan partai besutan H.M. Yusuf Rizal dan Rhoma Irama itu menjadi peserta Pemilu 2019.

Dalam pertimbangannya, Bawaslu menilai yang dilakukan KPU telah sesuai aturan yang diatur. Dalam hal ini Peraturan KPU dan Undang-undang Pemilu 2017.

Ketua Bawaslu Abhan saat membacakan putusan sidang menyatakan bahwa pihaknya menolak permohonan Partai Idaman untuk menjadi peserta Pemilu.

“Memutuskan dalam eksepsi menolak eksepsi termohon. Dalam pokok perkara menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” jelas Abhan di Jakarta, Senin (5/3).

Permohonan itu diajukan usai KPU menyatakan Partai Idaman tak lolos dalam penelitian administrasi.

Menurut KPU, Partai Idaman tidak memasukkan dokumen administrasi secara lengkap ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Kemudian, Partai Idaman menggugat ke Bawaslu. Saat itu, Bawaslu mengabulkan gugatan Partai Idaman.

Pasalnya, Bawaslu menyatakan bahwa Sipol hanya menjadi instrumen yang memudahkan KPU melakukan pendataan partai politik.

Maka, sepanjang partai politik mampu menyerahkan berkas fisik secara lengkap dapat dipersilakan melanjutkan ke tahapan berikutnya.

KPU pun memberikan kesempatan kepada partai untuk melakukan perbaikan. Namun, dalam tahap administrasi perbaikan, KPU kembali menyatakan Partai Idaman tidak memenuhi syarat.

Hal itu berujung pada Partai Idaman tidak dapat melanjutkan ke tahap verifikasi faktual. Selanjutnya, Partai Idaman menggugat putusan perbaikan itu ke Pengadilan Tata Usaha Negara, tetapi PTUN menolak gugatan Partai Idaman.

Atas dasar tersebut Bawaslu menimbang Partai Idaman tidak memiliki dasar untuk diikutkan KPU dalam verifikasi faktual.

Selain Partai Idaman, dua partai lainnya yakni Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Rakyat juga bernasib sama.

Sebelumnya, Partai Idaman, Parsindo dan Partai Rakyat menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Bawaslu.

Atas Surat Keputusan (SK) Pemilu Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan parpol peserta pemilu 2019.

Dalam keputusan tersebut, KPU menetapkan Partai Idaman, Parsindo dan Partai Rakyat tidak memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019. (***)