T. Erry Nurady; Dari Kelima Calon Sekdapropsu, Hanya Arsyad dan Fitrius Yang Berpeluang

Medan, SSOL– Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi memperkenalkan lima calon Sekretaris Daerah Pemprov Sumut kepada para tamu undangan peluncuran program Sumut Smart Province di Aula Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (20/3/2018).

Secara bergiliran, Erry menyebutkan lima nama calon yang telah lulus tahap seleksi administrasi dan rekam jejak pada Seleksi Terbuka atau Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Pemprov Sumut.

“Lima itu yang pertama Pak Arsyad, kedua Pak Binsar Situmorang. Kemudian yang sedang mengikuti Pim 1, Pak Fitriyus. Kemudian ada juga dari Jakarta yang pernah juga jadi pelaksana tuhas Sekretaris Daerah Sumut, yaitu Ibu Sabrina. Yang terakhir Pak Sarmadan, beliau Pj Wali Kota Kota Padangsidimpuan. Jadi lima ini yang bertarung,” kata Erry.

Dari kelima calon tersebut, hanya Arsyad Lubis dan Fitriyus yang tampak hadir pada acara peluncuran program Sumut Smart Provinsi.

“Kalau kita lihat, yang hadir dua,tampaknya tinggal dua ini (yang berpeluang besar),” katanya.

Erry mengatakan, seleksi terbuka atau lelang jabatan Sekretaris Daerah Pemprob Sumut langsung ditangani oleh pemerintah pusat. Yakni BKN, Menpan RB dan Setneg.

Erry menyerahkan proses ini sepenuhnya kepada panitia seleksi itu.

“Ini kan eselon satu, jadi yang menentukan langsung dari pusat. Jadi gubernur lihat-lihat saja. mudahan-mudahan mereka bisa bertarung,” kata Erry.

“Salah satu yang saya tekankan adalah program smart province ini. Saya titip pertanyaan, nanti kalau dia tidak mengerti smart province ini, tidak usah diluluskan,” canda Erry yang langsung disambut tepuk tangan.

Dari sepuluh pendaftar, lima ASN dinyatakan lulus tahap seleksi berkas administrasi dan rekam jejak pada seleksi terbuka atau lelang jabatan pimpinan tinggi madya Sekretaris Daerah Pemprov Sumut.

Kelimanya dinyatakan lulus berdasarkan pengumuman Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Pemprov Sumut Nomor 005/SPJPTM/III/2018.

Berdasarkan keputusan panitia seleksi, lima ASN yang lulus tahap seleksi berkas tersebut adalah Kepala Badan
Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Sumut Sarmadan Hasibuan, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Fitriyus, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut Binsar Situmorang dan mantan Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Pemprov Sumut yang kini jadi Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Sabrina.
Kelima ASN yang lulus tahap tersebut akan melalui tahap assessment test pada 20-27 Maret 2018. Hasil assessment test akan diumumkan pada 28 Maret 2018.

Tahap berikutnya adalah penulisan makalah pada 30 Maret 2018 dan seleksi wawancara pada 2-3 April 2018.
Pengumuman akhir akan digelar pada 5 April 2018 mendatang.(***)

Syawal