Dukung Program Ketahanan Pangan, Polres Bersama Pemkab Asahan Melakukan Aksi Tahan Padi 

Kisaran, SSOL.Com- Demi mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto bersama jajarannya ikut turun ke desa melakukan penanam padi.

Aksi penanaman padi ini dilakukan bersama Dinas Pertanian  Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Asahan di Desa Rawang Baru Kecamatan Rawang Panca Arga,Kisaran,Sabtu (06/06).
Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, menjelaskan gerakan tersebut bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.

“Kita sudah 3 kali melakukan program ketahanan pangan, diantaranya tanam padi, tanam jagung dan tebar benih ikan,” ujar Nugroho di sela kegiatan di pasar 6, Kecamatan Rawang Panca Arga.

Nugroho yang sempat menjabat Kapolres Natuna ini juga mengajak seluruh anggota kelompok tani untuk terus mempertahankan keberadaan sawah, karena hasil sawah dari Asahan sudah beredar hingga ke kota kota besar di Indonesia.

Selain itu, Nugroho juga mengajak petani menggunakan pupuk organik,. Pasalnya penggunaan pupuk organik lebih baik ke depannya bagi lahan sawah.Pihaknya  siap berada di tengah-tengah kelompok tani untuk membantu menyukseskan program pangan.

Oktoni Eryanto,Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan,di sela kegiatan  menanam padi menyebutkan gerakan tanam padi yang dilakukan atas lahan yang luasnya ratusan hektar bertujuan  untuk meningkatkan produktivitas dengan penerapan teknologi legowo super.

Penanaman juga dibantu oleh seluruh pejabat Polres Asahan serta kelompok tani.Oktoni mengajak masyarakat agar jangan berhenti menanam padi dalam kerangka pembangunan Asahan untuk negeri.Oktoni juga meminta petani tidak melakukan ahli fungsi sawah. Kegiatan juga dirangkai dengan pemberian kuis berhadiah bagi para petani yang turut hadir pada acara tersebut.

Rusli E Sitorus