Dua Lagi Gudang Produksi Mancis Disegel Polisi

Langkat, SSOL-Buntut dari terbakarnya sebuah rumah di Dusun IVB, Desa Sambi Rejo, Kecamatan Binjai, Kab. Langkat yang dijadikan tempat perakitan mancis, Jum’at (21/6) kemarin, dua rumah dari dua lokasi berbeda dipasang garis polisi.

Pantauan di lapangan, sebuah rumah di Dusun III, Desa Banyumas, Kecamatan Stabat terlihat sudah dipasang garis polisi.

“Semalam ada polisi datang, mereka langsung menyegel rumah itu. Mungkin pengembangan dari terbakarnya rumah yang di Sambi Rejo semalam bang,” beber seorang warga yang namanya enggan untuk dipublikasikan, Sabtu (22/6) sore.

Saat ditanya keterkaitan rumah tersebut dengan kebakaran rumah yang dijadikan tempat perakitan mancis, warga tersebut membenarkannya. “Lebih kurang dah 3 tahunan rumah itu disewa untuk perakitan mancis.

Saya sendiri baru setahun lebih kerja disitu. Ada sekitar 20-an orang kami yang kerja disitu,” sambung warga tersebut yang merupakan salah seorang karyawan perkitan mancis di Desa Banyumas.

“Selama ini aman-aman aja kami kerja. Kami juga diarahkan perusahaan untuk mengutamakan keselamatan kerja,” ketusnya.

Disinggung soal gaji, warga tersebut mengaku kalau mereka bekerja dengan sistem borongan. “Kami digaji Rp 1400/pak mancis yang dirakit. Kalau gak masuk kerja, gaji kami dipotong Rp 40ribu/hari. Disamping itu, gaka ada jaminan kesehatan (BPJS) untuk kami bang,” tandasnya.

Terpisah, sebuah rumah dia Dusun VII, Desa Perdamaian, Kecamatan Binjai, Langkat juga terlihat sepi dan terpasang garis polisi. Disekitar rumah tersebut terlihat sampah bekas bungkus batu pemantik api mancis, dan beberapa kaleng penutup mancis.

Menurut warga sekitar, sudah cukup lama rumah itu dijadikan tempat perakitan mancis. “Dah sekitar lima tahun orang itu ngerakit mancis di rumah itu, pekerjanya pun bukan orang sini bang, semuanya dari desa luar. Ada sekitar belasan orang yang kerja disitu dan semuanya perempuan,” beber warga kepada awak media.

“Selama ini kami gak pernah merasa takut sama aktifitas mereka disitu. Tapi setelah kejadian ini, kami takut juga. Dah pas kali lah rumah perakitan mancis itu ditutup bang,” sambungnya.

Kasat Reskrim Polres Binjai, AKP Wirhan Arif saat dikonfirmasi via telepon, membenarkan penyegelan rumah perakitan mancis tersebut. “Dari rumah yang di Desa Perdamaian, Kecamatan Binjai kita menyita beberapa mancis. Kalau yang di Desa Banyumas, Polres Langkat tu yang nyegel bang,” Beber AKP Wirhan Arif.

Ahmad