Dinsos Kabupaten ;  Yang Belum Terima BST Diprioritaskan Menerima Bantuan Dari Pemprop atau Pemkab

Kisaran, SSOL.Com – Warga masyarakat Kabupaten Asahan yang masih belum  menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI, akan diprioritaskan menerima bantuan sosial (bansos) dari Pemprov Sumatera Utara ataupun dari Pemkab Asahan.

Sekretaris Dinsos Kabupaten Asahan,Drs Muksin MPD meminta media agar menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa bantuan bukan hanya dari bansos pusat saja tetapi masih ada lagi bentuk bantuan dari provinsi dan pemerintah kabupaten.Jadi semua akan kebagian.Pernyataan tersebut disampaikan Muksin di kantornya,Jum’at (30/05).

Mengenai warga Desa Panca Arga, Kecamatan Rawang Panca Arga yang tidak menerima BST, menurut Muksin hal itu merupakan kebijakan dari pemerintah pusat. Belum tentu nama yang dikirimkan ke pusat akan menerima bantuan tersebut.

Masalah  bantuan dari Kemensos (pusat) yang Rp 600.000, dapat dikonfirmasikan ke pihak kantor Pos,karena pihakbbmereka (Kantor Pos) yang menerima data langsung dari Kementerian,ujar Muksin.

Saat mengirimkan data warga kemungkinan saja ada kesalahan pengisian formulir. Karena disitu ada petunjuk ‘tidak boleh salah ketik’. Ada petunjuk format pengisian.Jika format pengetikan berbeda dengan format sesuai petunjuk, maka data tersebut tidak dapat dibuka di Kemensos. Mungkin itulah yang terjadi di Rawang Panca Arga,begitu penjelasan Sekretaris Dinsos Asahan itu.

Muksin menambahkan,bahwa masih ada bantuan yang lain yang akan diberikan kepada warga yang belum mendapat BST, yaitu bansos dari provinsi ataupun dari pemkab.

Kepala Desa Panca Arga, Supriadi yang oleh awak media ditemui terpisah mengatakan telah berulang kali menanyakan ke Dinas Sosial terkait bansos dari pusat. Tapi Dinas Sosial beralasan data dari Desa Panca Arga tidak valid.

Menurut Supriadi,alasan Dinas Sosial terkesan terlalu mengada ngada. Kata mereka (Dinsos) data dari desa tidak valid. Padahal buktinyya ada warga desanya sebanyak 4 orang yang sudah cair dan telah ditarik melalui ATM masing-masing.

Rusli E Sitorus