Dinas Sosial Kota Tanjungbalai Laksanakan Acara Bimtek Pemutakhiran DTKS .

Tanjungbalai,SSOL.Com-Dinas Sosial Kota Tanjungbalai gelar acara Bimbingan Tekhnis Pemutakhiran Data Terpadu Kesejehateraan Sosial (DTKS) di Aula Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tanjung Balai. Kamis (02 / 03 / 2023). Acara tersebut bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada organisasi sosial yang berperan dalam pemutakhiran data DTKS.

Hadir mewakili Walikota Tanjungbalai sekaligus membuka acara tersebut Asisten Administrasi Umum Walman RP Girsang. Dalam kesempatannya walman menyampaikan agar para petugas pemutakhiran dtks dapat melakukan dengan sungguh-sungguh dan melaksanakannya dengan dedikasi yang dapat dipertanggungjawabkan.
“kita berharap adek-adek petugas yang melakukan dapat pemutakhiran data dtks dengan sungguh-sungguh serta melaksanakannya dengan penuh dedikasi yang dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana dengan visi misi Kota Tanjungbalai yaitu mewujudkan Kota Tanjungbalai yang berprestasi,religius, sejahtera,indah dan harmonis”. kata mantan kadis kominfo tersebut.

Kepala Bidang Pemberdayan Sosial Dinas Kota Tanjungbalai, Muhammad Alfi,SE mewakili Kepala Dinas Sosial menyampaikan bahwa acara tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 03 Tahun 2021 tentang pengelolaan DTKS (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 140) serta Anggaran Pendataan Belanja Daerah (APBD ) Tahun Anggaran 2023 (DPA Dinas Sosial Kotq Tanjungbalai T.A 2022).

Alfi juga menyebutkan bahwa acara tersebut bertujuan 1. untuk memberikan Bimbingan Tekhnis pengelolaan data dan pemutakhiran DTKS tahun 2023. 2. Untuk memberikan bimbingan tekhnis pengelolaan data dan pemutakhiran DTKS tahun 2023. 3.untuk meningkatkan pengetahuan fasilitator SLRT, pendamping PKH dan TKSK dalam melakukan verifikasi usulan dan kelayakan penerima bansos dan pemutakhiran DTKS melalui aplikasi Siks Ng. 4. Agar data DTKS dan penerima bansos tepat sasaran.

Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Menager SLRT Kito dari Dinas Sosial Kota Tanjungbalai, Asisten Tekhnis SLRT Kito Agus Salim Hutagalung,S.Sos
Dan Koordinator PKH Zulham Effendi,S.Sos.I,S.H.

Adapun peserta dalam kegiatan tersebut Fasilitator SLRT sebanyak 38 orang, pendamping PKH sebanyak 28 orang, TKSK sebanyak 5 orang dan staf dinas sosial sebanyak 9 orang.

Koordinator PKH Tanjungbalai Zulham Effendi,S.Sos.I,S.H yang hadir sebagai Pemateri dalam acara tersebut menyampaikan peran Pendamping Sosial PKH dalam pemutakhiran bantuan sosial.

Zulham memaparkan bahwa ada beberapa kendala dalam pemutakhiran khususnya peserta PKH ketika aplikasi Elektronik PKH (e-PKH) berganti menjadi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).

“secara jujur kita harus mengakui bahwa ada kendala pemutakhiran yang kita lakukan terhadap kpm pkh saat e-pkh beralih kepada siks-ng”. papar zulham kepada peserta bimtek.

Hermansyah Caniago.

LEAVE A REPLY