Bupati Tapteng Gandeng Investor Bentuk Koperasi Syariah Berbunga1 Persen

YSIBOLGA, SSOL – Untuk meningkatkan Ekonomi masyarakat yang saat ini terpuruk, Bupati Tapteng Bahktiar Ahmad Sibarani menggandeng Investor untuk membuka Koperasi Syariah dengan bunga pinjaman 1 persen.

“Kita mau Ekonomi masyarakat semakin meningkat, selama ini, banyak Ekonomi masyarakat Tapteng terpuruk karena ulah para rentenir, penipuan massal oleh sejumlah oknum. Hadirnya koperasi Syariah harus kita dukung, karena bunganya cuma 1 persen, lebih kecil dari Bank,” kata Bahktiar, saat menghadiri dialog ngobrol santai bersama IWO Sibolga-Tapteng, di Kopi Mamak jalan Horas, Sibolga, Sumatera Utara. Sabtu (01/12/2018).

Ia menjelaskan, telah bertemu dengan investor dan menyatakan siap berinvestasi serta berupaya melakukan negosiasi dengan investor besar lainnya. Agar tercipta laju pergerakan pembangunan di Tapteng.

“Kita baru ketemu dengan investor, mereka siapkan Rp10 miliar untuk koperasi syariah di tapteng dengan sukubunga 1 persen. Saat ini banyak masyarakat terjerat rentenir bermodus koperasi. Kami lagi nego, supaya investor bisa bawa modal hingga Rp100 miliar untuk membantu ekonomi masyarakat Tapteng,” Kata Bakhtiar.

Menurut Bakhtiar, koperasi Syariah yang akan dibentuk sangat banyak manfaatnya bagi warga masyarakat, bahkan bunganya pun terbilang rendah.

“Orang minjam tidak begitu banyak dan bunga pun ringan. Saya sudah instruksikan agar masyarakat desa bentuk kelompok usaha, nanti diberi pinjaman modal usaha dari koperasi syariah ini,” ujarnya.

Di Tapteng sebagian besar warga masyarakatnya terdiri dari petani seperti diketahui bahwa harga sawit dan karet anjlok. Untuk mengatasi tersebut, akan ada PKS di Sibabangun senilai Rp125 miliar, yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan dan disiapkan untuk menampung sawit petani di Kabupaten Tapteng.

Iwan Pakpahan