Bupati Langkat Buka Lomba Becerita Rakyat Tingkat SD/MI

Stabat, SSOL-Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin membuka lomba bercerita rakyat tingkat Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) sederajat Tahun Ajaran 2019, di Aula Gedung PKK Langkat, Stabat, Selasa (26/3).

Bupati Langkat pada pidatonya, sangat mengapresiasi terselenggaranya kagiatan ini, sebab kegiatan ini diyakininya, mampu mendukung program minat dan budaya membaca, dengan menumbuhkan budaya baca bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat luas.

“Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan berkesinambungan , agar upaya membudayakan gemar membaca semakin meningkat di Kabupaten Langkat,”sebutnya.

Selanjutnya, Bupati menerangkan, saat ini Pemkab Langkat melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip, melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan budaya gemar membaca kepada kalangan masyarakat luas, dengan menyediakan fasilitas – fasilitas yang mendukung budaya baca dan literasi, serta menyelenggarakan berbagai kegiatan – kegiatan lomba.

“Hal ini salah satu bentuk pelaksanaan UU No 43 tahun 2007 , yang menjelaskan bahwa perpustakaan merupakan wahana belajar sepanjang hayat, mengembangkan potensi masyarakat, agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, berahklak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif serta mandiri,”paparnya.

Sembari mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Langkat, dewan juri serta semua pihak terkait, yang ikut berpartisifasi menyukseskan kegiatan ini, terkhusus kepada para peserta lomba.

“Kalah menang adalah hal biasa dalam suatu perlombaan, namun bagi saya kalian semua adalah para juaranya,”pungkasnya.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Langkat, Ir H M Tambeng pada laporannya, selain mengucapkan terima kasih kepada Bupati Langkat, yang telah mendukung penuh hingga terselenggaranya kegiatan ini. Juga menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakanya kegiatan ini, untuk membiasakan melatih anak untuk hidup cerdas, memiliki mental kreatif dan kompetensi, serta menarik minat baca anak tentang buku – buku cerita budaya daerah lokal, sejarah dan pahlawan.

“Sehingga menumbuhkan kecintaan akan budaya nasional dan kearifan lokal, serta menumbuhkan minat dan kegemaran membaca,”terangnya.

Untuk pelaksanaan lomba, sambung Tambeng, mulai tanggal 26 sampai 27 maret 2019, diikuti sebanyak kurang lebih 40 peserta, yang barasal dari SD/MI sederajat yang ada di Langkat.

Turut hadir Kadis Perpustakaan dan Arsip Pemprovsu diwakili Khairani Lubis SSos, para kepala OPD Pemkab Langkat, dewan juri lomba, para kepala sekolah dari peserta lomba dan para peserta lomba.

Ahmad