BUPATI KEBUMEN KUNJUNGAN KERJA KE SAMOSIR

Pangururan, SSOL – Ingin belajar dari Kabupaten Samosir, Bupati Kebumen
KH Yazid Mahfudz melakukan kunjungan kerja terkait masuknya Geopark Kaldera Toba (GKT) dalam Unesco Global Geopark (UGG), Rabu (30/10).

Rombongan Bupati Kebumen diterima di Aula Kantor Bupati Samosir oleh Bupati Samosir, Rapidin Simbolon yang didampingi Wakil Bupati Samosir, Wakil Ketua Dekranasda Samosir, Asisten Administrasi Umum, para kepala SKPD, dan para jurnalis.

Dalam sesi perkenalan, Rapidin Simbolon memperkenalkan para pejabat di lingkungan Pemkab Samosir kepada rombongan Bupati Kebumen yang dilanjutkan paparan terkait gambaran umum Kabupaten Samosir utamanya capaian-capaian dalam bidang kepariwisataan. “Diperlukan komitmen yang kuat bagi Geopark Kaldera Toba untuk diterima menjadi Unesco Global Geopark,” terangnya.

“Kami telah melalui penolakan beberapa kali, namun berkat komitmen yang kuat dan semangat kebersamaan antar-SKPD dan manajer Geoarea Samosir, Wilmar Simanjorang, hal itu dapat terwujud,” paparnya ketika diminta memberikan penekanan dalam proses pencapaian UGG tersebut.

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Samosir atas penerimaan rombongan mereka untuk belajar tentang keberhasilan Kabupaten Samosir menjadi UGG. “Kunjungan kami di Kabupaten Samosir bertujuan untuk mendapatkan gambaran proses Geopark Kaldera Toba menjadi UGG dan ingin mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh,” kata Yazid sembari menjelaskan secara sekilas perkembangan Karang Sambung dan Karang Bolong menjadi UGG pada tahun 2021.

Dia juga berharap lewat kunjungan ini Pemkab Kebumen mendapatkan pengalaman yang berharga untuk menyiapkan situs-situs yang ada di Kebumen untuk dinilai tim asesor dari Unesco.

Dalam sesi dialog interaktif yang dipandu oleh Asisten Administrasi Umum Marsinta Sitanggang, para pejabat Pemkab Kebumen menanyakan hal-hal terkait proses GKT menjadi UGG dari sisi tata kelola.

Wilmar Simanjorang, manajer Geoarea Samosir, menjelaskan beberapa hal terkait pengalaman GKT menjadi UGG yaitu memperhatikan standar yang ditetapkan Unesco, pembentukan kelembagaan, dan edukasi masyarakat.

Di samping itu, Wilmar juga menekankan pentingnya penyusunan “dossier” sesuai dengan originalitas keadaan yang sesungguhnya karena hal itulah yang akan dinilai Unesco secara terinci.

Acara ditutup dengan memberikan cendera mata dari Bupati Samosir ke Bupati Kebumen dan sebaliknya. Setelah acara selesai rombongan selanjutnya mengadakan kunjungan ke Pusat Informasi Daerah Gedung Geopark Kaldera Toba selanjutnya ke situs-situs bersejarah yang terdapat di kecamatan Simanindo.

Efendy Naibaho