Bupati Batubara Ir. Zahir Bantu Korban Banjir dan Turunkan Escavator Lakukan Pengerukan

Batu Bara, SSOL– Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP blusukan untuk meninjau langsung lokasi banjir yang menerjang sejumlah titik di Kabupaten Batu Bara pada Rabu 30 Oktober 2019. Tidak sekedar meninjau Zahir juga menurunkan eskavator untuk mengeruk sejumlah titik sedimentasi sungai yang diduga menjadi penyebab banjir.

Menurut Zahir, selain kiriman daerah lain dan curah hujan yang deras, persoalan utama banjir yang terjadi di Batu Bara disebabkan karena permukaan kanal sungai yang sedimentasinya semakin tinggi, sungai menjadi semakin dangkal dan tidak mampu menampung air. Untuk itu perlu segera dilakukan pengerukan, dan hari ini kita bawa eskavator. Ucap Zahir.

Zahir memastikan bahwa pemerintah akan terus bekerja dengan sungguh-sungguh dalam penanganan banjir ini. Ia meminta kepada perangkat daerah yang sudah bekerja untuk lebih bekerja keras lagi. Zahir berharap agar masyarakat mendukung seluruh kerja keras yang sedang dilakukan saat ini, janganlah macam tadi, ada masyarakat yang menolak kadatangan eskavator yang kita hadirkan untuk melakukan pengerukan. Kita sedang membantu kok ditolak, ungkap Zahir kesal.

Selain membawa alat berat untuk penanganan banjir, blusukan Zahir ke tenda-tenda pengungsian juga disertai dengan pemberian bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak banjir dan harus mengungsi. Terlilhat Zahir langsung menyerahkan satu-persatu bantuan beras kepada masyarakat. Selain bantuan beras kita juga siapkan dapur umum dan kesehatan, hari ini juga saya sudah keluarkan surat penetapan bencana Kabupaten Batu Bara, sehingga besok (kamis) akan turun lagi bantuan logistik dari perum bulog.

Anggota DPDR Batu Bara M. Syafii yang turut hadir bersama Zahir mengapresiasi langkah kerja Bupati Batu Bara dalam menangani banjir. Anggota DPRD yang digadang-gadang sebagai ketua DPRD Batu Bara periode 2019-2024 ini berharap agar langkah yang sudah bagus ini bisa terus ditingkatkan sehingga masyarakat bisa benar-benar merasakan kehadiran pemerintah ditengah musibah yang menimpa.

Data yang dihimpun, jumlah rumah terdampak banjir di Kabupaten Batubara sebanyak 1.955 unit. Tersebar disejumlah wilayah, yaitu Kecamatan Talawi 864 unit. Kecamatan Datuk Lima Puluh 445 unit. Kecamatan Laut Tador 95 unit. Kecamatan Medang Deras 11 unit. Kecamatan Datuk Tanah Datar 19 unit. Kecamatan Sei Suka 5 unit, dan Kecamatan Lima Puluh Pesisir 614 unit.

M. ARIF