BPN Padangsidimpuan Serahkan 24 persil SHM, Aset Pemko Padangsidimpuan

Padangsidimpuan. SSOL.com-Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) daerah Kota Padangsidimpuan menertibkan sebanyak 24 persil Sertifikat Hak Milik (SHM), aset milik Pemko Padangsidimpuan yang berada di daerah setempat ( wilayah Padangsidimpuan ) , meliputi tanah, jalan dan gedung bangunan perkantoran.

WaliKota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, S.H, menyampaikan, “Alhamdulillah dengan diterimanya sertifikat ini, tersisa 27 persil lagi yang belum terbit dari total 51 persil data tanah, jalan dan gedung bangunan yang kita ajukan untuk diproses penerbitannya,” tutur Irsan Efendi Nasution, Kamis (23/4/2020) sore.

Disampaikan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution dengan didampingi Sekdako Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, Kaban Keuangan Daerah Kota Padangsidimpuan H. Sulaiman Lubis,  saat menerima kunjungan langsung Kepala BPN Padangsidimpuan di ruangan kerja Walikota, sekaligus penyerahan sertifikat  yang diserahkan langsung oleh Kepala BPN Padangsidimpuan Eduard Hutabarat.

Walikota Padangsidimpuan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BPN telah bersinergi dengan pemko dalam hal penerbitan sertifikat ini.  menurutnya, ini sebuah prestasi membanggakan dari BPN, karena ini menjadi sebuah progres yang signifikan.

“Sejauh yang saya ikuti dalam kurun waktu 4-5 tahun belakangan ini, penerbitan sertifikat ini jadi prestasi. baru ini ada kepastian hukum terhadap aset milik Pemko Padangsidimpuan. Dan terhadap 27 aset lagi, dimintakan agar Badan Keuangan segera mengusulkan dan Sekdako juga berkoordinasi dengan instansi instansi terkait,” tuturnya.

Ditenekankan, kepada Badan Keuangan untuk segera mengidentifikasi aset-aset mana lagi yang belum terdata. Mengingat selama ini Pemko Padangsidimpuan selalu terkendala mengusulkan program bantuan ke pemerintah pusat ataupun kementerian terkait.

“Kita terkendala mendapat bantuan tersebut, karena salah satu syarat mutlak yang diminta Kementerian Perdagangan adalah sertifikat kepemilikan atas aset-aset yang kita miliki. Ini termasuk juga dengan lahan eks HGU PTPN III yang ada di Pal IV Pijorkoling,” terangnya.

Pihaknya berharap tahun ini ada progres yang menggembirakan. Pemko Padangsidimpuan akan terus berupaya maksimal untuk menuntaskan keabsahan atas kepemilikan aset-aset pemerintah agar terdata dan disertifikasi dengan baik.

“Kami yakin dan optimis, adanyan dukungan dan sinergitas yang baik dari pihak BPN, akan menuntaskan persoalan yang sudah menahun tersebut, biarlah sejarah yang mencatat kinerja kita ini dan sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas sinergitas nya BPN Padangsidimpuan,” beber Walikota Padangsidimpuan.

Kepala BPN Padangsidimpuan Eduard Hutabarat, juga menyahuti apresiasi tinggi yang di sampaikan oleh WaliKota Padangsidimpuan, ” terimakasih pak wali, atas apresiasinya mudah mudahan kedepannya data atau berkas aset aset yang lainnya dapat kita lengkapi dan sesegera mungkin kita benahi dengan baik, serta aset yang belum di sertifikat kan dapat di selesaikan dengan baik” tutur kepala BPN Padangsidimpuan Edward Hutabarat.

Martin Gabe.