BDR Diperpanjang, Mukhrizal Arif Instruksikan SDM PKH Dampingi Anak KPM.

Batu Bara, SSOL.Com – Pemerintah Kabupaten Batu Bara kembali memperpanjang kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) sampai dengan 22/08/2020. Hal ini sebagaimana disampaikan Bupati Batu Bara melalui Surat Edaran No. 422.3/4588.

Memperhatikan hal tersebut, Mukhrizal Arif, M.Pd.I., Koordinator PKH Kabupaten Batu Bara menginstruksikan Pendamping Sosial untuk memantau dan mendampingi anak KPM PKH dalam kegiatan BDR.

Menurut Arif, hal ini penting mengingat tidak semua anak KPM PKH memiliki android dan akses internet dirumahnya, serta tidak semua anak dapat dipantau langsung oleh orang tua dan guru karena keterbatasannya.

Karenanya, untuk memastikan anak KPM PKH tetap produktif belajar di rumah, pendamping sosial perlu melakukan pemantauan dan pemetaan mana saja anak KPM yang memiliki keterbatasan untuk kemudian dilakukan pendampingan belajar komunitas.

“Jangan sampai karena keterbatasan ekonomi, android dan quota tak ada, orang tua mencari nafkah, jumlah kunjungan guru terbatas, akhirnya anak KPM tak belajar. Diposisi ini pendamping PKH harus berperan. Buat belajar komunitas”, ungkap Arif.

Sementara itu, Suhendrik, S.Pd. M.Si, Pendamping Sosial PKH Kec. Datuk Lima Puluh saat ditemui ketika menggelar pembelajaran komunitas bagi anak KPM PKH di Desa Empat Negeri menjelaskan bahwa giat ini merupakan salah satu bakti SDM PKH dimasa pandemi.

Di tempat lainnya, Masfuri Emayanti yang juga ditemui saat menggelar kegiatan belajar komunitas anak KPM PKH di Kec. Talawi mengatakan bahwa giat ini dilakukan rutin sembari melaksanakan kegiatan pertemuan kelompok PKH.

“Sebelum pertemuan dengan ibu KPM, saya sampaikan jika ada anaknya yg kurang maksimal belajar di rumah, agar dibawa ya bu, biar nanti belajar bersama dengan yang lain”, tutup Masfuri.

Rustam