“ Agar warga tau aja”, Pelayanan Kesehatan Puskesmas Padangmatinggi Hingga Pukul 14.00 Wib

Padangsidimpuan. SSOL-Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas ) merupakan wadah maupun tempat pertolongan pertama bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan selain Rumah sakit.

Bagi masyarakat Kota Padangsidimpuan yang mengharapkan pelayanan kesehatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Rawat inap Padangmatinggi, diberitahukan bahwa hanya dapat diperoleh dari pagi sekitar pukul 08.00 wib hingga pukul 14.00 wib saja.

Hal ini hasil pantauan wartawan, terbukti ketika wartawan mencoba menjumpai Kepala Puskesmas Padangmatinggi ( Yaspen Hutabarat) , Selasa ( 17 / 09/2019 ) sekitar pukul 14.30 wib ternyata sudah tidak berada ruang kerjanya.

Demikian juga ruang pendaftaran masyarakat yang akan berobat, sudah tertutup rapat dan di gembok. Ruangan lainnya pun demikian kecuali ruang obat.

Terjadi percakapan singkat, antara rombongan wartawan dengan petugas ” Kapus, sudah pulang lah, jam kerja kan hanya sampai jam 14.00 wib. Kalau kami memang lagi lembur. ” Ujar seorang wanita tenaga medis yang dijumpai diruang obat Puskemas Padangmatinggi itu.
Ketika dipertanyakan kembali terkait jam kerja tersebut, wanita itu kembali menegaskan jam kerja pelayanan memang sampai jam 14.00 wib. ” Kami bukan kantor tapi pelayanan dan jam kerjanya memang begitu.”ujarnya.

Sementara itu pihak Dinas Kesehatan selaku pihak yang menaungi puskesmas tidak dapat dikonfirmasi terkait hal itu.

Kadis Kesehatan Letnan Dalimunthe sedang tidak berada diruang kerjanya, sedangkan Sekretaris Balyan Siregar terkesan menolak memberi keterangan. ” Saya masih ada kerjaan,”ujarnya tak menanggapi wartawan dan meneruskan pembicaraan dengan seorang staf wanita yang berada disampingnya.

Sampai berita ini di terbitkan pihak dinas kesehatan kotaPadangsidimpuan seorang pun belum ada yang bisa di mintai keterangan seputar kegiatan yang di selenggarakan di ruang lingkup Puskesmas se kota Padangsidimpuan.

Martin Gabe.