Diimingi Uang Beli Rokok, Petugas Amankan Ganja 82 Bungkus Ditangan Julhan Situmorang

TAPSEL, SSOL- Sat Resnarkoba Polres Tapsel berhasil menangkap seorang pria berperawakan lusuh yang memiliki narkotika jenis ganja, pada hari Minggu 04/ 11/2018 sekitar pukul 02.00 wib, di Desa Tolang Jae Kec. Sayurmatinggi Kab. Tapanuli Selatan tepatnya didalam gubuk kebun milik Sukri.

Pelaku, JS, warga desa Tolang Jae yang bekerja sebagai petani diamankan bersama barang bukti, 1 (satu) bungkus / Amp yang diduga berisikan ganja yang dibalut dengan uang kertas tukaran Rp. 2.000,- seberat *1,43 (satu koma empat puluh tiga) Gram*, 1 (satu) bungkus plastik assoy warna hitam yang didalamnya berisi 82 (delapan puluh dua) bungkus yang diduga berisikan ganja yang dibungkus dengan kertas nasi warna coklat seberat *140 (seratus empat puluh) Gram*, 1 (satu) bungkus plastik assoy warna hitam yang berisikan ganja seberat *150 (seratus lima puluh) Gram*, 1 (satu) bungkus karung plastik warna putih yang didalamnya berisikan ganja seberat *250 (dua ratus lima puluh) Gram*, 1 (satu) bungkus plastik warna putih yang berisikan biji ganja seberat *15,03 (lima belas koma nol tiga) Gram*.

Kasat Resnarkoba AKP. Zulfikar dalam paparan menyatakan, menerima informasi dari masyarakat tentang adanya peredaran narkoba jenis ganja di Desa Tolang Jae Kec. Sayurmatinggi Kab. Tapanuli Selatan.

Selanjutnya personil polisi yang dipimpin AIPTU EDISON HUTAJULU bersama dengan BRIPKA NYAMANO MANIK, S.H. dan BRIPKA YUSUF INDRA KESUMA SIREGAR, S.H. langsung berangkat ketempat yang dimaksud untuk melakukan penyelidikan.

Sesampai nya di lokasi,  petugas melihat seorang laki-laki yang sedang berada didalam sebuah gubuk,  kemudian petugas langsung mengamankan tersangka yang mengaku bernama JULHAN SITUMORANG dan menyita barang bukti berupa 1 (satu) bungkus / Amp yang diduga berisikan ganja yang dibalut dengan uang kertas tukaran Rp. 2.000,- dari saku celana sebelah kanan milik tersangka

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan didalam gubuk tersebut dan ditemukan barang bukti berupa ganja. Dimana dari keterangan tersangka bahwa ganja yang ditemukan didalam gubuk tersebut adalah milik SUKRI (DPO) yang mana oleh SUKRI (DPO) menyuruh tersangka JS untuk menjaga ganja yang berada didalam gubuk tersebut dengan janji akan memberikan tersangka Julhan Situmorang uang rokok.

Sebelumnya tersangka Julham Situmorang selama ini bekerja membersihkan dan menanam kebun milik Sukri (DPO) namun naas, tersangka yang di tugasi menyimpan barang haram milik Sukri untuk menjaga barang haram tersebut dengan imbalan hanya diberi uang rokok dibekuk petugas Resnarkoba.

Kemudian tersangka beserta barang bukti diboyong ke Sat Resnarkoba Polres Tapsel guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Martin Gabe