Kisaran,SSOL.com – Data terakhir menyebutkan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Asahan terus beranjak naik dan kini mencapai 409 kasus dengan rincian, 282 orang sembuh, 108 orang dalam perawatan dan 19 orang meninggal dunia.

Data tersebut berasal dari sebaran Covid-19 per Kecamatan se-Kabupaten Asahan yang dibeberkan oleh Jubir Gugus Tugas Covid19 Kabupaten Asahan,Rahmat Hidayat Siregar melalui WhatsApp grup.

Meningkatnya kasus tersebut tentunya sangat menghawatirkan. Ditambah lagi vaksinasi sampai saat ini belum sampai ke daera Kabupaten Asahan.Kadis Kesehatan Kabupaten Asahan, dr. Elvina Tarigan menguraikan hal itu saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat barusan.

Dr. Vina menjelaskan, untuk saat ini ia sudah melakukan zoom meeting kepada Premprov dan Kementerian terkait vaksinasi yang akan didistribusikan pada tahun 2021 di Kabupaten Asahan.

“Untuk saat ini belum ada, tapi insyaallah tahun depan (2021, red) sudah ada di Asahan. Kita juga sudah melakukan zoom meeting,” papar Vina..

Dikatakannya,pihaknya telah menyiapkan tim untuk mendiskusikan vaksinasi setelah mendapatkan izin dari Balai POM. Kemudian yang menjadi sasaran utama adalah tenaga medis, orang yang baru datang dari luar kota dan orang yang pernah kontak fisik dengan pasien covid.

Untuk saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan masih melakukan 3T yaitu Test, Tresing dan Trietmen dalam upaya memutus mata rantai Covid-19.

Khusus untuk 3T ini pihak Dinkes Asahan menargetkan perharinya 85 orang.Hal itu dilakukan kepada warga Asahan terutama yang rawan terkena Covid-19. Pada intinya pihak Dinkes Asahan akan memburu Covid-19 di Kabupaten Asahan.Dalam merealisasikan 3T tersebut, masyarakat bisa ke Puskesmas dan RSUD H Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran.

Rusli E Sitorus

LEAVE A REPLY