Usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Zahir Kunjungi Desa Sumber Padi

Batu Bara. SSOL. Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP,  selaku Irup saat Peringatan Hari Pahlawan dengan Tema, “Aku Pahlawan Masa Kini” di lapangan bola kaki Jl. Perintis Lima Puluh, Kecamatan Lima Puluh Kota, Minggu, (10/11) pagi.

Selesai pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan, agenda selanjutnya, Bupati Zahir langsung mengunjungi Desa Sumber Padi.

Pentingnya kunjungan Bupati ke Desa Sumber Padi itu adalah, karena Desa tersebut merupakan salah satu desa percontohan UP2K binaan PKK.

Pantauan Wartawan, dalam kunjungan tersebut, Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir turut didampingi Kadis PMD Radiansyah, PLT Kadisdik Ilyas Sitorus, Camat Lima Puluh Kota Adri, juga bersama rombongan, yaitu Ketua TBUPP Syaiful Syafri, Kabag Humas Zamzmani, serta tak kalah pentingnya Kepala Desa Sumber Padi Effendi Saragih sebagai tuan rumah, Minggu (10/11).

Melihat kedatangan Bupati, warga sangat antusias menyambut Bupati saat berkunjung di desanya. Selanjutnya Bupati melihat inovasi TP PKK Desa Sumber Padi dan juga Kelompok Masyarakat pembuatan paping blok dari bank sampah plastik, karena selama ini sampah plastik menjadi momok bagi warga masyarakat.

Tidak hanya Paping Blok, Zahir juga menyempatkan mengunjungi pembuatan kursi dari limbah ban. Karena produksi usaha rumahan ini dikelola oleh Kelompok Maju Bersama sebagai usaha masyarakat desa sumber padi melalui Gerai Bank Sampah Desa Sumber Padi yang diketuai Darwis Tanjung.

Usai mengunjungi Gerai Bank Sampah Sumber Padi, Zahir dan rombongan melanjutkan kunjungannya ke kelompok usaha jajanan/makanan ringan berupa roti, kue dan sejenisnya yang masih dalam desa yang sama dan tidak jauh dari lokasi Gerai Bank Sampah.

Kemudian, Bupati tetap memberikan motivasi kepada kelompok-kelompok masyarakat yang dikunjunginya dan Zahir berjanji akan memberikan dukungan untuk pengembangan kelompok usaha masyarakat .

Terkait hal itu, Zahir terus mendorong hasil yang dihasilkan dari kelompok pengrajin berupa jajanan atau makanan ringan maupun karya tangan lainnya, ini nantinya akan dibangun kerjasama kepada usaha Indomaret, Alfamedi, SPBU, atau ditempat-tempat strategis lainnya yang memiliki tempat penitipan penjualan makanan ringan atau jajanan melalui bantuan dinas terkait, kata Bupati Zahir dihadapan warga pemilik usaha home industri itu.

Ada hal yang aneh, sehingga membuat Bupati merasa penasaran tentang usaha bersama kelompok Mekar Lestari yang di Ketua Yusniar selaku Pengrajin UMKM pembuat rengginang ini. Pasalnya begitu banyak jenis jajanan dan kemasannya yang begitu menarik jika dijadikan oleh oleh bagi tetamu yang berkunjung ke Batu Bara, ketus nya.

Yusniar mengatakan ketika diwawancarai awak media bahwa yang dikelolanya bersama kelompoknya yang beralamat di desa sumber padi dengan nama Rengginang Kak Ray dengan mempekerjakan 9 orang tenaga kerja serta ada beberapa varian rengginang yang di produksi diantaranya ada rasa buah naga, pandan, bon cabe, rasa udang, rasa bumbu peyek, rasa orisinal dan lainnya, tuturnya.

Masih menurut Yusniar disamping jenis jajanan tadi juga ada singkong, manggleng (ubi di kukus dan di beri rasa), kelantik dan opak dengan produksi sehari bisa mencapai 100 kg dan usaha ini dilakoninya bersama kelompoknya sejak tahun 2017, ungkapnya.

Setelah melakukan kunjungan desa sumber padi, yusniar selaku ketua Kelompok Mekar Lestari mungkin ia sangat senang dan gembira, maka dengan spontan memberikan cendramata berupa makanan ringan seperti kerupuk dan lain-lainnya kepada Bupati.

Disaat itu juga, Bupati Zahir langsung memberikan tali asih yang diberikannya melalui ajudannya kepada pengelola home indusri itu sebagai pengganti oleh-oleh.

Aci Mukhlis

Comments

comments