Petugas BHL Kebersihan Pemko Padangsidimpuan Kenderaan Becak Dengan Bahan Kayu Ingul

PADANGSIDIMPUAN,SSOL-
Dengan bahan yang sederhana dan relatif murah dan mudah didapat khususnya didaerah Tapanuli Bagian Selatan .

Ponikin atau lebih dikenal dikota padangsidimpuan JOJON seorang tokoh Pelawak sering manggung pada acara -acara di pemko Padangsidimpuan bekerja sebagai Buruh Harian Lepas (BHL) telah menjalani pekerjaannya lebih kurang 36 tahun, diawali kerja sebagai petugas kebersihan distadion Naposo Padangsidimpuan ( Stadion HM Nurdin Padangsidimpuan ).

Jojon kini melakoni profesi sebagai petugas kebersihan di di Dnas Lingkungan Hidup Kota Padangsidimpuan, berperawakan tinggi wajahnya mirip dengan tokoh lawak jojon Alm namun nasib berbeda ,sebagai petugas kebersihan jojon (aspal) asli tapi palsu masih mampu berkreatif walau pekerjaan pokoknya memakan waktu dari Jam 8.00 sampai dengan 18.00 sesuai dengan waktu yang diperpanjang olehnya.

Yakni lembur sebagai tambahan untuk kebutuhannya dimasa sekarang ini kalo tak ada sampingan susah pak “ujar jojon as.

Kenderaan vespa sprint tahun 76 yang sudah lama digunakannya selalu setia sebagai transportnya ketempat bekerja maupun untuk keperluan lainnya .

Diakhir bulan November 2018 lalu, terbit pemikiran jojon as ingin memodifikasi vespa sprintnya menjadi becak, yang mana dikota Padangsidimpuan becaknya memakai sepeda motor vespa namun bak becak terbuat dari bahan besi dan baja serta bermodifikasi roda tiga serta bentuknya lebih ramping dari becak siantar maupun kota medan.

Berbekal wawasan Otodidak jojon As memodifikasi vespanya dengan kreatif, bahan yang digunakan untuk body maupun becak terbuat dari bahan kayu ingul ( pohon suren) kayu tahan air dan lembab tidak gampang lekang kena sinar matahari, untuk menyatukan potongan kayu tersebut digunakan Lem kayu dan paku keling,  model kenderaan becak ini jauh berbeda dengan becak yang lainnya, Jojon As memodifnya, bisa dipakai untuk membawa manusia juga untuk membawa barang, berfungsi ganda juga dipromosikan.

Untuk pameran, jika dibutuhkan karena bentuknya Antik dan bahannya juga diluar logika yakni kayu yang diolah menjadi bak becak bagaimana daya tahan kayu terhadap iklim alam suatu pemikiran dari seorang petugas kebersihan BHL semoga ini menjadi Apresiasi bagi kita hasil kerja jojon As secara ide otodidaknya.

, Martin Gabe

Comments

comments