Pemkab Asahan Salurkan BST dan JPS untuk  56.418 KPM Se-Kabupaten Asahan 

Kisaran, SSOL.Com – Hingga kini dampak Covid-19 telah sangat mengganggu aspek kesehatan dan stabilitas perekonomian baik di tingkat pusat maupun daerah. Begitupun di Kabupaten Asahan, masyarakat turut rasakan dampak Covid-19. Untuk menyeimbangkan aspek kesehatan dan perekonomian tersebut Pemerintah telah salurkan bantuan kepada masyarakat baik bantuan yang bersumber dari Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Selanjutnya dalam rangka penanganan dampak Covid-19 di Kabupaten Asahan serta guna optimalisasi dan kelancaran penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Jaring Pengaman Sosial (JPS), Pemerintah Kabupaten Asahan juga telah mulai menyalurkan BST JPS kepada 56.418 keluarga penerima manfaat (KPM) yang bersumber dari APBD Kabupaten Asahan hari ini, Rabu, (12/8/2020).

Hal tersebut juga terlaksana setelah ditetapkannya Peraturan Bupati Asahan Nomor 19 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Sosial Tunai Jaring Pengaman Sosial dalam rangka penanganan dampak Corona Virus Disease 2019 Kabupaten Asahan Tahun 2020.
Penjelasan tersebut disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si dalam keterangan resminya, Rabu (12/08) kemarin di kantornya,di Kisaran. Dikatakannya,bahwa pada hari Rabu,Pemkab Asahan telah mulai menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada KPM terdampak Covid-19.
Disebutkannya, total bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di 25 kecamatan se-Kabupaten Asahan sebesar Rp. 33.850.800.000. Dari total tersebut, per keluarga penerima manfaat akan menerima bantuan perbulan sebesar Rp. 200.000 selama tiga bulan, namun dalam proses penyaluran nantinya bantuan akan diserahkan langsung seluruhnya yakni sebesar Rp. 600.000.
Rahmat juga menyampaikan bahwa Bupati Asahan dalam setiap kesempatan terus berusaha dan mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam memulihkan stabilitas kesehatan dan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini. Diakhir keterangan resminya, Kadis Kominfo sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi dari Bupati Asahan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses penyaluran BST JPS kali ini.
Bupati Asahan juga berpesan agar petugas yang berwenang dalam penyaluran BST JPS dapat menyalurkan bantuan tersebut dengan cepat, tepat, aman dan meminimalisir kendala yang mungkin terjadi,ujar Rahmat mengakhiri keterangannya.
Rusli E Sitorus

Comments

comments