LMS Bakal Kembangkan Tiga Akses Tol Cipali

CIREBON, SSOL– Lintas Marga Sedaya (LMS), anak perusahaan PT Astra Infra, berencana akan melakukan pengembangan tiga akses tol baru yang menghubungkan tol Cikopo – Palimanan (Cipali).

Ketiga akses tol tersebut masing-masing yakni akses tol ke Bandara Kertajati, akses tol ke Pelabuhan Patimban, Subang dan akses Tol Cileunyi, Sumedang dan Dawuan (Cisumdawu).

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Firdaus Azis mengatakan bahwa terkait pembukaan akses tol ke Kertajati, pihaknya saat ini sedang menunggu pembebasan lahan oleh pemerintah daerah Jawa Barat serta persetujuan dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR.

“Untuk akses ke pelabuhan direncanakan berlokasi di Km 86-88, kalau tidak salah inisiatornya dari Jasa Marga. Jadi kita berharap dengan adanya akses ke Patimban akan membuat trafik di Cipali bertambah,” tutur Firdaus kepada wartawan di Cirebon, Ahad (24/2).

Dia juga berharap bahwa akses ke Patimban ini dapat mendorong perubahan ekonomi di daerah sekitarnya.

“Untuk akses Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), nanti dengan adanya tol ini maka masyarakat Bandung akan bisa langsung menembus ke Tol Cipali lewat akses di Km 152,” kata Firdaus Azis.

Ia berharap dengan adanya akses Tol Cisumdawu ini, maka pertumbuhan trafik menuju Kertajati lewat Tol Cipali akan semakin meningkat. Dengan demikian hal tersebut juga dapat semakin mendorong perekonomian daerah-daerah di sekitar sini.

Sebelumnya seperti dilansir Antara Kepala Balitbang Kemenhub Sugiharjo menilai aksesibilitas darat dari dan ke Bandara Kertajati memang perlu dioptimalisasi agar bandara tersebut menjadi ramai.

Akses darat dari dan ke Bandara Kertajati yang saat ini paling utama dioptimalisasi salah satunya ialah Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Sedangkan akses menuju Pelabuhan Patimban merupakan salah satu dari empat program tol baru yang akan dikerjakan oleh Jasa Marga pada tahun ini. []

Editor : Rakisa

Comments

comments