KPUD Asahan Secara Resmi Gelar Pelepasan PPDP di Halaman Kantor KPUD  

Kisaran,SSOL.Com – Para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam lingkup jenjang proses pilkada mendatang,secara resmi dilepas oleh KPUD Asahan.Mereka akan bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.Acara pelepasan berlangsung di halaman kantor KPUD Asahan,di Jalan Sisingamangaraja, Kisaran,Sabtu (18/07).

Hidayat,Ketua KPUD Asahan dalam kata pengantarnya menyebutkan, kegiatan itu merupakan Gerakan Coklit Serentak secara nasional, khususnya Kabupaten Asahan yang mulai berjalan sejak 18 Juli 2020.

Kegiatan ini membuktikan bahwa KPUD Asahan beserta jajaran, sudah siap melaksanakan proses pemutakhiran data pemilih pada perhelatan Pilkada mendatang, ujar Hidayat

Melalui Gerakan Coklit Serentak ini, KPUD Asahan berharap masyarakat dapat bekerja sama menerima setiap PPDP yang mendatangi rumah-rumah warga.

Masyarakat hanya diminta menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga (KK) untuk dilakukan pencocokan dengan data A-KWK yang dipegang oleh PPDP.

“Harapan kita, kepada masyarakat supaya bisa menerima petugas kami. Sehingga proses pencoklitan bisa berjalan dengan baik, dan bagi warga-warga juga bisa menyampaikan kepada tetangganya, agar tetangga juga tahu bahwasannya hingga tanggal 13 Agustus nanti ada proses pencoklitan,” jelasnya.

Ia menegaskan kepada seluruh PPDP, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar bekerja secara maksimal dalam melakukan coklit ini.

“Jangan lupa juga menerapkan protokol kesehatan. Karena kita juga telah memberikan APD, supaya petugas yang bekerja di lapangan seluruh menjalankan protokol kesehatan,” tegasnya.

Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto menyatakan, pihaknya siap mengamankan seluruh tahapan Pilkada Asahan, agar situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat di Kabupaten Asahan dapat terus terjaga.

Tentunya itu dapat tercipta, apabila seluruh stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan pesta rakyat bisa menjalankan peran dan fungsinya masing-masing sesuai aturan yang berlaku.

“Ini tanggung jawab kita bersama. Ini pesta kita, pesta rakyat, pesta kita semua. Jadi marilah kita bekerja secara maksimal. Polri di sini bertugas untuk menjaga keamanan, agar situasi Pilkada dapat berjalan aman dan kondusif, dan Polres Asahan siap menjalankan itu,” ujar mantan Kapolres Natuna itu.

Sementara perwakilan Pemkab Asahan, Jhon Hardy menekankan agar proses Gerakan Coklit Serentak ini bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat supaya turut aktif mengecek data dirinya sudah terdata sebagai pemilih atau belum di Pilkada Asahan, yang pencoblosannya berlangsung pada 9 Desember 2020

Jhon Hardi berharap agar kegiatan coklit ini bisa mengajak warga Asahan aktif mengecek data pemilih.Apakah datanya sudah terdata atau belum,melalui coklit ini data  akan termutakhirkan.

Rusli E Sitorus

Comments

comments