Ketua PAC Pemuda Pancasila Kec. Datuk Bandar Timur Laporkan Adanya Galian C Ilegal ke Pihak Berwajib 

Tanjungbalai, SSOL.COM-Pimpinan anak cabang (PAC) Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai,laporkan kegiatan usaha galian c ilegal ke Polres Tanjung Balai,  hal ini disampaikan oleh Ketua PAC Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai Diky Juandra.

Laporan tersebut disampaikan secara tertulis dengan surat nomor : 02/b/sek-PP/DBT/04/2020 prihal Laporan tertulis atas dugaan pelanggaran hukum terkait kegiatan usaha jenis galian c ilegal.

Menurut Dikcy bahwa ada kegiatan galian c yang dilakukan oleh oknum – oknum yang tidak bertanggungjawab, berlokasi dikelurahan bunga tanjung dan selat tanjung medan, kegiatan tersebut telah membuat resah masyarakat disebabkan tidak adanya izin yang berdampak terhadap rusaknya ekosistem sungai dan adanya polusi udara ketika mobil pengangkut pasir ilegal tersebut melintas.

“kita sudah laporkan secara tertulis kegiatan galian c yang diduga ilegal tersebut, yang berada di Kelurahan Bunga Tanjung dan Selat Tanjung Medan,laporan tersebut kita lakukan pada hari Senin tanggal 13 April 2020,dikarenakan adanya keluhan masyarakat terhadap rusaknya ekosistem sungai dan polusi udara ketika angkutan yang mengangkut pasir hasil dari galian c tersebut melitasi pemukiman warga, dan hal ini telah kami konsultasikan secara hukum, dugaan galian c ilegal ini melanggar UU Nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara, pasal 158 yang isinya : barang siapa yang melakukan usaha penambangan tanpa izin usaha pertambangan,izin pertambangan rakyat atau izin usaha pertambangan khusus sebagaimana dikmaksud pasal 37, pasal 40 ayat (3) pasal 48 dan pasal 67 ayat (1) pasal 74 ayat (1) atau ayat (5) Undang – Undang ini dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak 10 milyar”. ujar Diky Juandra (Rabu/15/04/2020).

Diky juga berharap kiranya Polres Tanjungbalai dapat menindaklanjuti laporan tersebut, sebab hal ini sudah membuat keresahan ditengah – tengah masyarakat khususnya Kecamatan Datuk Bandar Timur.

“kita berharap Bapak Kapolres Tanjungbalai,dapat menindaklanjuti surat aduan kami, sebab hal ini sudah membuat keresahan ditengah-tengah masyarakat,dan kita yakin Polres akan memanggil pelaku-pelaku usaha galian c tersebut” ungkap Diky.

Sementara itu Pihak Polres Tanjungbalai yang di wakili AIPTU Demnostar ketika dimintai keterangan, mengatakan akan menindaklanjuti dan akan melakukan cek kelapangan.
“kami akan tindaklanjuti laporan ini dan secepatnya kami akan turun kelapangan. katanya kepada SSOL.

Hermansyah C

Comments

comments