Jokowi Mencari Menteri: Giliran Kader Partai dan Domisioner Dipanggil ke Istana

Politisi partai Nasdem yang juga mantan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya

JAKARTA, SSOL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memanggil sejumlah nama calon menteri kabinet Indonesia Kerja, Selasa (22/10). Proses pencarian menteri kabinet pada hari kedua ini, adalah sejumlah nama dari kalangan partai atau sebagian mereka domisioner menteri periode sebelumnya.

Seperti diketahui, Senin (21/10) kemarin, Jokowi talah memangggil 11 nama ke Istana Negara, mereka adalah Mahfud MD, Tetty Paruntu, Bos Gojek Nadiem Makarim, Bos Net TV Wishnutama, Bos Mahaka Grup Erick Thohir, Praktino, Nico Harjanto, aktivis Fadjroel Rachman, Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo.

Berdasarkan pantauan di Istana Negara, Menteri Keuangan demisioner Sri Mulyani yang pertama dihari kedua dipanggil Jokowi. Ia memasuki Istana Presiden sekitar pukul 09.03 WIB. Sri tidak banyak komentar hanya tersenyum melambaikan tangan saat memsuki Istana.

Satu jam kemudian pukul 10.36 WIB, Sri keluar dan memberikan pernyataan singkat bahwa dirinya kembali dipercaya sebagai Menteri Keuangan. Pada periode kedua ini, poin yang ditekankan Jokowi kepada Sri Mulyani adalah penciptaan lapangan kerja, pemberdayaan UKM, dan perbaikan perekonomian nasional.

Berikutnya sekitar pukul 09.39 WIB adalah kader Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo. Mantan Gubernur Sulawesi Selatan terus menebar senyum, sambil masuk ke Istana Presiden melalui pintu biasa.

Menteri PUPR 2014-2019 Basuki Hadimuljono. ANT.

Sama seperti Sri Mulyani, Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangan pers bahwa dia diberi kepercayaan Jokowi untuk memegang posisi agar rakyat Indonesia terjamin kehidupannya dengan lebih baik, lebih tenteram, dan terpenuhi kebutuhannya dasarnya lebih khusus di bidang pangan, perkebunan, perikanan.

Pukul 10.07 WIB ada Menteri Sosial demisioner Agus Gumiwang Kartasasmita terlihat memasuki Istana Presiden. Agus Gumiwang adalah wakil Partai Gokar di Kabinet Jokowi-JK.

Agus Gumiwang diberi tugas untuk pengembangan sumber daya manusia terkait transformasi di bidang industri dan manufaktur. Hal itu disampaikannya usai keluar dari Istana Negara sekitar pukul 12.00 WIB.

Pukul 10.17 Wib disusul kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Juliari Peter Batubara.  Ari Batara sebutan pria asal Sumatera Utara ini pernah menjabat Presdir perusaahaan pelumas PT Wiraswasta Gemilang Indonesia.

Dua jam kemudian sekitar pukul 12.07 WIB, Ari keluar ia mengatakan mendapat tugas dari Jokowi untuk menangani kemiskinan dan mempercepat penangan korban bencana alam.

Usai Ari masuk pukul 10.25 WIB ada Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan demisioner, memasuki Istana Presiden. Kader Partai Nasdem ini menegaskan pentingnya pembentukan lapangan kerja dari sektor perkebunan dan kehutanan.

Nurbaya menegaskan bahwa mendapat tugas untuk meneruskan bidang Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Selanjutnya, pada pukul 11.05  WIB, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa adalah orang keenam yang dipanggil Presiden Jokowi.

Ketika ditanya awak media perihal kedatangannya ke Istana Kepresidenan, dia hanya menjawab bahwa dirinya akan memberikan keterangannya seusai bertemu dengan Presiden Jokowi.

“Pasti saya akan bicara ya,” ucapnya singkat.

Menjelang pukul 12.00 WIB, tepatnya pukul 11.36 WIB,  Menteri PUPR demisioner, Basuki Hadimuljono terlihat memasuki Istana Kepresidenan.

Basuki mengakui kedatangannya ntuk memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo. Ia juga mengenakan baju putih karena mendapatkan arahan dari protokoler istana.

“Baru saja [dihubungi], ini langsung. Lewat telepon saja,” katanya singkat. [Rakisa]

Comments

comments