JAROT JADI MARGA HARAHAP JIKA MENANG

 

Padangsidimpuan,SSOL- Calon Gubernur Sumatera Utara Drs H.Djarot Saiful Hidayat MS berkesempatan berkunjung ke Kota Padangsidimpuan. Rangkaian kunjungannya kekota salak dimulai dari bersilaturahmi dengan masyarakat, kunjungan Djarot ini dipelopori oleh Priska salah seorang pendukung Jarot dialamat rumahnya Jalan Kapten Koima Wek II Padangsidimpuan Utara.

Setelah bercengkarama ria dengan warga, Djrot kemudian sholat Zuhur di Masjid Samora. Selesai Sholat beliau menyempatkan diri minum kopi di warung Khalifa seterusnya beliau menyambangi para pedagang di Pasar Sangkumpal Bonang.

Kunjungan ke Kota Padangsidimpuan ini beliau juga bersilaturahmi ke Pondok Pesantren yang ada di Huta Holbung kemudian kembali menuju Kantor Sekretariat DPC.PDI Perjuangan Kota Padangsidimpuan, Jalan Kenanga Kel.Ujung Padang Kec.Padangsidimpuan Selatan

Penyambutan Djarot dilaksanakan dengan adat Angkola ,Selasa (06/03).
Rangkaian acara Adat Angkola pun dimulai dari mangulosi sampai manortor.

Usai acara adat, rombongan Djarot, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj.Taty Aryani Tambunan SH, jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Padangsidimpuan, Tokoh Adat, memasuki Kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Padangsidimpuan.

Di dalam ruangan Kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan di laksanakan temu ramah sekaligus temu kader bersama Sekretaris PDIP Kota Padangsidimpuan, Rudi Hermanto Harahap.

Sodongoran Harahap salah satu Tokoh Adat dalam acara temu ramah tersebut memaparkan arti dari rangkaian upacara Adat Angkola dalam penyambutan Djarot, mulai dari arti mangulosi, keris, pemakaian Huppa yang ada di Kepala serta daun sirih yang disodorkan kepada Djarot Saiful Hidayat.

Sodongoran Harahap juga menyampaikan jika Djarot Saiful Hidayat menang nantinya sebagai Gubernur Sumatera Utara,  akan diberikan Marga Harahap marga luat tano di Padangsidimpuan/Angkola.

“Jika Pak Djarot nanti menang kita akan buat acara penobatan marga luat tano di Padangsidimpuan ini yaitu Marga Harahap seperti yang sudah dinobatkan kepada Rudi Hermanto Harahap (sekjen PDIP kota Padangsidimpuan yang nota benenya etnis Cina – red) “, ujar Sodongoran Harahap didampingi tokoh Adat lainnya dan para kader PDI Perjuangan.

Menurut Djarot penyambutan dirinya beserta rombongan dengan upacara Adat Angkola, memiliki arti yang sangat luar biasa bagi diri Djarot.

“Saya sangat senang dengan sambutan adat Angkola yang di laksanakan oleh saudara-saudariku semua. Penyambutan dengan acara Adat Angkola ini salah satu bukti cinta kita kepada salah satu budaya di Negeri yang kita cintai ini, dan terus terang baru kali ini saya diulosi lengkap dengan memakai Huppa dikepala, dan juga keris, saya terharu ”ujar Djarot di hadapan para Tokoh Adat dan jajaran DPC PDI Perjuangan Kota Padangsidimpuan.

Djarot juga berharap doa dan dukungan dari masyarakat Kota Padangsidimpuan
untuk memuluskan nya bersama Sihar Sitorus untuk memimpin Provinsi Sumatera Utara periode berikutnya. (Jaker / Mart)

Editor; Roem Nasution

Comments

comments