Gelar Road Show Lintas Etnis, ‘Nusantara Bangkit’ Di Sumut untuk Kemenangan Jokowi- Makruf

MEDAN, SSOL- Pemilihan Presiden (Pilpres) tinggal 15 hari lagi. Dan di sisa waktu itu, ‘Nusantara Bangkit’ (NB), Ormas binaan Jenderal (Purn) Moeldoko  usai menggelar road show di 10 titik ‘basis’ Sumatera Utara (Sumut). Semua itu demi memenangkan pasangan Capres Cawapres 01 Jokowi – Ma’ruf Amin. Berikut jejak perjalanan silaturahmi kolosal tersebut.

Gawe ini bermula dari pertemuan DPP Dewan Pimpinan Pusat (NB) dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, akhir Maret 2019. “Road Show Silahturahmi Masyarakat Adat dan Tokoh-tokoh Lintas Etnis di Sumut ini adalah aplikasi dari gagasan Jenderal Moeldoko tentang perlunya pendekatan adat budaya untuk menangkal hoax, fitnah dan eksploitasi sentimen agama jelang Pilpres 17 April yang disampaikan kepada Presiden Jokowi di Istana Bogor, Kamis 21 Maret 2019 yang lalu,” kata Ketua Umum NB, Ir Irvan PP.

Begitulah. Road show kali pertama digelar di Medan (Hotel Garuda Citra), Selasa (26/0/2019). Di sini, dihadiri Ketua Umum NB Ir Ivan PP dan Ketua DPD NB Sumut Rahmad Hasibuan, road show silaturahmi masyarakat lintas etnis ini diikuti puluhan tokoh Sumut, seperti Joko Susilo (Pujakusuma), Ravi Kumar (India), dan Tommy Wistan (INTI/Chinese).

“Semua tokoh adat Sumut yang hadir tergerak hatinya. Semuanya menyatakan tidak pernah menyerah berjuang untuk satu tujuan terbaik bagi bangsa ini : (memenangkan) Presiden Jokowi sekali lagi,” imbuh Irvan PP.

Menurutnya, setelah setiap kunjungan di kabupaten/kota dengan tokoh- tokoh adat di Sumut, diharapkan ‘semangat’ ini nantinya diturunkan sampai ke tokoh- tokoh tingkat kecamatan, tingkat desa hingga menjangkau grass root TPS- TPS.

“Ketua Dewan Pembina Nusantara Bangkit Jenderal Purn. Moeldoko sangat mendukung kegiatan ini dan memonitor setiap hari melalui saya, demikian juga saya melaporkan bila satu kegiatan telah selesai,” imbuhnya lagi.

Usai di Medan, acara senada digelar di Deli Serdang, dan Pematang Siantar. Di sini, gemuruh semangat memenangkan Jokowi kembali bergema. Dipandu Syamsuddin, tokoh masyarakat Simaluingun/Siantar, sejumlah tokoh Sumut kembali turut hadir. Dari Siantar, acara bergeser ke Kabupaten Tapanuli Utara dan di-host oleh RE Nainggolan, (mantan Bupati Taput 2 periode dan eks Sekda Sumut zàman gubernur Syamsul Arifin).

 

 

 

 

 

 

Dari 3 kabupaten/kota itu, acara serupa digelar di Padangsidempuan. Mendulang respon yang besar, sejumlah tokoh Sumut turut hadir. Digelar di rumah DR Chairuman Harahap, SH, MH (Mantan Kajati Sumut plus anggota DPR RI, tokoh Golkar dan tokoh utama masyarakat Tabagsel), tampak hadir sejumlah tokoh dan kepala puak marga di Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan).

“Total tokoh yang hadir ratusan orang, tapi pengaruhnya sudah mengcover seluruh Tabagsel. Semuanya bulat mendukung Jokowi dan siap berjuang membalikkannya sampai ke akar rumput. Target ikhtiar mereka, di Tabagsel, 90 % suara Jokowi,” tandas Irvan PP. Dari Sidimpuan, acara kembali digelar di Langkat.

Di sini acara juga tampak lebih meriah, bahkan digelar hingga jelang dini hari. Dihadiri 200 tokoh adat, acara di-host oleh Ngogesa Sitepu (Bupati Langkat 2 periode). Hadir juga Bupati
Langkat  Terbit Rencana Perangin-angin, serta mantan Bupati Langkat 2 periode Syamsul Arifin.

Dalam kesempatan itu, rombongan Nusantara Bangkit diulosi oleh tokoh tokoh adat di Langkat. Jokowi!!! ; Menang!!! Menang!!! Menang!!! Demikian gemuruh semua peserta acara itu.

“Kiranya giat di Sumut ini dapat menginspirasi dan memotivasi kawan- kawan Nusantara Bangkit di manapun berada untuk “action” pemenangan 17 April nanti,” ujar Irvan PP.

Dari Langkat, rombongan ‘Nusantara Bangkit’ melanjutkan perjalanan darat menuju Dairi. Di kabupaten ini, acara dipandu oleh tokoh masyarakat  Bachtiar Ujung, BA, SE, MM. Dari Dairi, acara digelar di Nias dan berakhir di Asahan dan Labuhan Batu pada Senin (01/04/2019).[ ]

Faisal Matondang

 

 

Comments

comments