Gagal Puncaki Klasemen, Persija Ditaklukkan PSMS Medan

Medan, SSOL – Ambisi Persija Jakarta gagal memuncaki klasemen sementara Liga 1 musim 2018. Kepastian itu didapat setelah tim ibu kota ditaklukkan PSMS Medan saat bertarung di Stadion Teladan, Medan, Jumat (6/4).

Pada pertandingan pekan ketiga itu, Macan Kemayoran -julukan Persija- ditekuk dengan skor 3-1. Persija sebetulnya sempat unggul terlebih dahulu melalui gol cantik Rohit Chand pada menit ke-23. Namun, tuan rumah mampu membalas dengan tiga gol melalui brace dari Suhandi di menit 41 dan 53, serta satu gol dari legiun asing Reinaldo Lobo.

Hasil itu merupakan kekalahan perdana Persija di kompetisi Liga 1 musim ini. Sebaliknya, kemenangan itu menjadi raihan tiga poin pertama bagi Ayam Kinantan -julukan PSMS- setelah di dua laga mengalami kekalahan.

Pelatih Persija Jakarta Alessandro Stefano Cugurra menyesalkan adanya beberapa peluang yang tidak bisa dikonversi menjadi gol. Teco menyebut, pada babak pertama, tim ibu kota sudah bermain dengan bagus dan bisa cetak gol. “Namun, ada hilang konsentrasi dan membuat mampu memanfaatkan itu dengan mencetak gol,” ujarnya saat berikan keterangan usai pertandingan.
Oleh sebab itu, dia merubah taktik pada babak kedua dengan memainkan Addison Alves dan Bambang Pamungkas. Tujuannya, agar daya dobrak lini depan lebih tajam. Terlebih selepas tertinggal dengan selisih dua gol.

Mengenai penampilan Simic yang tidak terlalu bagus, Teco menyebut hal tersebut wajar di sepak bola. Apalagi, sepanjang pertandingan, pemain asal Kroasia itu selalu mendapat pengawasan khusus dari lini belakang lawan. “Kami terima kalah dari Medan. Kami harus kerja keras ke depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Vava Mario mengaku tidak ingin terpuruk dengan kekalahan tersebut. “Intinya kami lupakan hasil ini. Kami fokus ke pertandingan selanjutnya,” ucapnya.

Pelatih PSMS Medan Djajang Nurjaman mengapresiasi permainan dan perjuangan anak asuhnya yang mampu memberikan kemenangan bagi tim. “Kami main cukup bagus karena dapat main lepas determinasi tinggi dan wajar menang,” ucapnya.
Juru taktik yang akrab disapa Djanur itu menilai raihan tiga poin yang didapat itu mampu menambah rasa kepercayaan diri dan optimisme pemain. “Karena boleh dikatakan kami cukup konsisten (di dua laga sebelumnya, Red). Namun belum berhasil,” ucapnya.

Selain itu, mantan pelatih Persib Bandung itu menyatakan, kemenangan tim juga tidak lepas dari perubahan starting eleven yang dituunkannya. “Ada Firza yang baru pertama kali main dan dia nangis bisa bermain 90 menit,” tuturnya.
Grafis :
PSMS Medan :
Abdul Rohim (Dhika Bhayangkara 46′) ; Firza Andika, Reinaldo Lobo, Roni Fatahilah, Jajang Sukmara ; Abdul Aziz, Dilshod Sharofetdinov, Erwin Ramdani, Suhandi (Legimin 82′), Frets Butuan, Wilfreid Yessoh.
Pelatih : Djajang Nurjaman
Persija Jakarta :
Andritany Ardhyasa ; Novri Setiawan, Jaimerson Xavier, Vava Mario, Rezaldi Hehanusa ; Fitra Ridwan (Ramdani Lestaluhu 61′), Sandi Sute, Rohit Chand (Bambang Pamungkas 74′); Rudi Widodo (Addison Alves 46′), Marko Simic, Riko Simanjuntak.(***)

Bahrum Nasution

Comments

comments