Diskominfo dan Awak Media Bekerjasama dengan RSUD HAMS Donorkan Darah ke PMI Kabupaten Asahan 

Kisaran,SSOL.Com- Para Aparatur Sipil Negara (ASN ) dalam lingkungan Dinas Kominfo Asahan bersama awak media yang berasal dari berbagai media telah menggelar pendonoran darah.Tindaka n  ini dilakukan untuk memenuhi ketersedian darah pada bank darah yang ada  di PMI (Palang  Merah Indonesia) Asahan,Rabu (12/08).

Kepala Dinas Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar menyebutkan kegiatan sosial tersebut dilakukan menyikapi instruksi Bupati Asahan H. Surya, B.Sc untuk melakukan kegiatan yang memiliki dampak positif kepada masyarakat, sekaligus menyemarakkan HUT RI ke-75 tahun 2020.

Semoga darah yang didonorkan bisa  membantu sesama sekaligus membantu menjaga kesehatan tubuh terlebih di masa pandemi COVID-19 saat ini,” ujar  Hidayat,di kantor  Dinas Kominfo,di Kisaran.
Kegiatan donor darah sangat antusias diikuti ASN dan insan pers, namun hanya 21 orang yang diperbolehkan mendonorkan darahnya karena adanya larangan dari pihak RSUD HAMS dan PMI terkait kesehatan.

Hidayat mengucapkan terimakasih kepada seluruh ASN di lingkungan Dinas Kominfo dan insan pers yang telah mengikuti donor darah ini.Dia menambahkan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerjsama pihak Diskomibfo dan para jurnalis dengan pihak RSUD HAM.

Karena donor darah merupakan aksi sosial yang patut dilestarikan untuk memupuk rasa solidaritas kemanusiaan serta upaya menjaga kesehatan pribadi, maka itu diharapkan kegiatan donor darah harus terus dilakukan secara berkesinambungan.

Terkait keamanan mendonorkan darah di masa pandemi Covid-19, penanggung jawab pelaksanaan donor darah di Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, dr. Ade Hariza Harahap menyampaikan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam proses donor darah karena hingga saat ini tidak ada laporan kasus yang menyebutkan bahwa virus yang menyerang sistem pernapasan seperti virus corona menular melalui transfusi darah atau donor darah.

Dr Ade memaparkan selama prosedur donor darah dilaksanakan seaman mungkin serta tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjalani pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu, menjalani pemeriksaan kesehatan dan menerapkan physical distancing selama prosesnya.

RUSLI E SITORUS

Comments

comments