Diseminasi Hasil Penelitian Kerjasama Pemko Padangsidimpuan Melalui Baperlitbang.

Padangsidimpuan, SSOL-Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM membuka acara Diseminasi Hasil Penelitian Kerja Sama Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) dengan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS), dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, Kamis (31/10/2019) di Aula BKDPSDM, kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara.

Wawako Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar menyampaikan bahwa acara ini merupakan agenda kegiatan bidang inovasi dan teknologi. Dimana diharapkan dapat menggali potensi yang ada didaerah mengingat daerah kita meskipun suatu kota, namun kita masih lebih banyak daerah pedesaannya dibuktikan dengan lebih banyak desa daripada kelurahan, tuturnya.

Harapannya, para akademisi yang diundang dapat memberikan kontribusi positif atas penelitian yang telah dilakukan, semoga hasil-hasil inovasi yang dibuat saudara bisa membantu pembangunan kota Padangsidimpuan kedepannya, ucapnya.

Kepala Baperlitbang Kota Padangsidimpuan M Jusar Nasution dalam laporannya menyebut kegiatan diseminasi ini merupakan langkah Pemerintah Kota Padangsidimpuan untuk menggandeng peneliti-peneliti dari daerah kita untuk sama-sama memajukan kota Padangsidimpuan, untuk membangun sinergitas antara lembaga penelitian, dan Mengoptimalisasikan penelitian tersebut untuk diterapkan dalam gawai organisasi perangkat daerah terkait di kota Padangsidimpuan.

Ketua Dewan Riset Kota Padangsidimpuan Darmadi Erwin Harahap S.Pd MM MP turut hadir sekaligus memberikan sumbangsi ide dan gagasan.
Beberapa peneliti yang diundang antara lain Rafiqah Amanda dari UMTS dengan judul pemanfaat buah balakka sebagai produk unggulan agribisnis.

Ada juga Ali Hardana dari IAIN Padangsidimpuan dengan judul faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan industri kecil di Kota Padangsidimpuan.
Selain itu ada Gabby Maureen Pricilia dari IPTS dengan judul penelitian penerapan model pembelajaran berbasis kearifan lokal berorientasi karakter dalam pengajalan menulis.

Martin Gabe.

Comments

comments