Bupati Zahir Buka Ajang Kompetisi Seni Siswa dan Olahraga (AKSIOMA)

Batubara.SSOL.COM– Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP, mengatakan Pelaksanaan Ajang Kompetisi Seni Siswa dan Olahraga (AKSIOMA) merupakan wadah bagi peserta didik yang memiliki bakat dalam bidang seni dan olahraga.

Hal itu, tentunya akan dapat mengikuti perlombaan dan pertandingan secara sportif sehingga akhirnya dapat menyalurkan minat dan bakat siswa dengan harapan dapat meraih prestasi secara optimal.

Berikutnya di katakan Zahir, dalam sambutan tertulisnya di sampaikan oleh Plt. Kadisdik Kabupaten Batu Bara di halaman Mts Alwasliyah Tanjung Kubah Kecamatan Airputih Kabupaten Batubara, Rabu (18/12)

Masih menurut Zahir, bahwa Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga (AKSIOMA) tingkat Madrasah Tsanawiyah ini adalah sebagai kegiatan yang mendukung kebugaran dan kesehatan siswa madrasah yang sudah berlangsung dari tahun ketahun.

Terlaksananya kegiatan ini, saya harap ada kelanjutannya, pihak pemerintah kabupaten batu bara siap mendukung karena semua pelajar di batu bara, pemerintah daerah ikut serta bertanggung jawab untuk melakukannya, tegasnya.

Apalagi kegiatan seperti ini yang sifatnya memberikan peluang bagi peserta didik kita untuk menumbuhkan minat dan bakatnya lewat seni dan olahraga seperti ini, ujar ilyas saat menyampaikan pesan bupati batu bara.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Mustafin, memberikan apresiasi kepada Kabupaten Batubara yang telah melaksanakan kegiatan AKSIOMA ini walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara swakelola oleh sekolah sekolah madrasah tsanawiyah yang ada di Batubara.

Mustafin mengatakan bahwa tidak semua kabupaten kota di Sumatera Utara melaksanakan hal serupa ini, sekali lagi saya atas nama Bapak Kakankemenag Sumatera Utara mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga acara Ajang Kompetisi Siswa dan Olahraga (AKSIOMA) ini terlaksana sebagaimana yang kita lihat hari ini, tambah Mustafin.

Ketua panitia pelaksana AKSIOMA Tahun 2019 Kabupaten Batubara, Salimi, dalam laporan kegiatan AKSIOMA ini di ikuti oleh 45 Madrasyah Tsanawiyah, berikutnya peserta lomba 1.971 orang pelajar. Dengan jenis lomba antara lain bidang seni yaitu musabaqah tilawatil qur’an, Tahfiz qur’an, kaligrafi, pidato tiga bahasa( bahasa arab, bahasa indonesia dan bahasa ingris) dan nasyid.

Sedangkan bidang atletik yaitu lari 100M dan 400M, lompat jauh dan lompat tinggi serta tolak peluru. Kemudian bidang olahraga atau permainan antara lain bola voly, sepak takraw, tenis meja dan catur, ujar Salim.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Batu Bara, yang di wakili Plt. Kadisdik Ilyas Sitorus, Kabid Pendidikan Madrasah Kemenag Sumatera Utara, Mustafin, Kasi Pendidikan agama Memang Kabupaten Batubara, Pengawas Sekolah Madrasah, Kepala Mts, Guru-Guru Mts, Dewan Juri dan Pendamping masing – masing lomba.

Aci Mukhlis

 

Comments

comments