Akibat ulah iseng dengan senjata api mainan,  2 Desa ‘Perang’, 3 Warga Tertembak, 1 Polisi Luka, 1 Rumah Terbakar. 

Tapanuli Selatan. SSOL.com-Alih – alih bersilaturahmi dan bermaaf – maafan di bulan yang Fitri ini, Warga Desa Benteng Huraba dan Kelurahan Pintu Padang di Kec. Batang Angkola, Kab. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara , malah bertikai dan berujung ‘perang’ antar kampung / desa, Selasa (26/5) sore sampai malam.
Informasi yang didapat sementara, tiga warga Kelurahan Pintu Padang mengalami luka tembak senapan angin dan dirawat di Puskesmas. Ketiga korban adalah Hoirul Saputra Daulay ( 23 thn ) luka tembak di leher,. Wahyu Lutfi ( 17 thn ) luka tembak di dada dan Ricky Hardito ( 29 thn ) luka tembak di paha kanan.
Serta Seorang warga lainnya, Asrul Efendi Pane ( 41thn ) mengalami luka di dahi, pipi, bibir dan telapak tangan. Selain itu, seorang polisi bernama Ridho Harahap dari Polsek Pintu Padang luka akibat lemparan batu saat memadamkan api di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Padangsidimpuan – Panyabungan yang mengakibatkan lalulintas lumpuh total.
Terpantau , Kemudian satu unit sepeda motor dan satu unit rumah di dekat Monumen Perjuangan Benteng Huraba dibakar. Lokasinya berada di batas dua daerah yang bertikai tersebut. Empat mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi tersebut.
Informasi di lapangan, pertikaian berawal dari beberapa pemuda berkumpul dan menembaki pengguna jalan raya dengan senapan mainan. Kemudian seorang pemuda bermarga Sitorus Pane melerai, namun justru dia dipukuli.
Entah bagaimana, sekira pukul 18:00 warga Desa Benteng Huraba bergerak beramai-ramai menuju Pintu Padang dengan membawa senjata masing-masing. Informasinya, gerakan itu diawali dari adanya komando dari pengeras suara di masjid yang diawali sirine.
Warga Pintu Padang yang mengetahui gerakan itu berupaya menghalau. Namun tidak seberapa yang bawa senjata. Saat berhadap-hadapan, tersengar suara letusan senapan angin dan tiga orang mengalami luka tembak.
Sehingga, Warga Pintu Padang mundur, namun tiba-tiba terdengar ledakan dari depan rumah di batas Benteng Huraba dengan Pintu Padang. Ternyata satu sepedamotor dibakar dan api menyambar rumah di dekatnya yang tercatat sebagai warga Kelurahan Pintu Padang.
Segera, Empat unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Sekira pukul 19:00, seratusan polisi dan TNI sudah berada di lokasi untuk mengamankan situasi. Hingga pukul 21:30 situasi masih mencekam dan Jalinsum belum normal. Namun petugas masih berusaha untuk mendamaikan kedua belah pihak agar berdamai dan berbaikan.
Martin Gabe

Comments

comments